39 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Rambut merupakan bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam menunjang kemaksilan kita saat berpenampilan, bahkan bisa dibilang bahwa rambut adalah mahkota yang di miliki setiap orang khususnya wanita, dan tak sedikit dari kalangan kaum pria, karena itu kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan rambut agar tidak mengalami masalah terutama kerontokan.

Meskipun kerontokan pada helai rambut tidak menimbulkan rasa sakit, namun kondisi seperti ini dapat mengganggu kita berpenampilan, sekaligus mengurangi kepercayaan diri. Demikian itu bukan tanpa alasan? Coba kamu bayangkan apabila seseorang melihat bagian pundak atau tubuh kita terdapat banyak helai rambut yang rontok bukan disebabkan oleh sisir, tentunya hal itu akan membuat kita risih bukan.?

Tahukah kamu bagaimana cara mengatasi rambut rontok yang parah atau berlebihan secara alami dengan cepat? Nah di artikel ini, kamu akan menemukan informasi lengkap mengenai definisi rambut rontok, penyebab dan berbagai macam cara mengatasi rambut rontok yang tepat, mudah, dan juga aman sesuai dosis.

Apa itu rambut rontok?

Rambut rontok atau secara medis disebut alopesia merupakan suatu kondisi yang terjadi adanya penurunan jumlah rambut pada kulit kepala.

Kerontokan merupakan suatu hal yang normal dialami setiap orang apabila masih dalam jumlah tak lebih dari 100 helai rambut per harinya. Jika lebih, terkadang ada beberapa alasan yang menyebabkan hal tersebut.

Penyebab rambut rontok

Sebelum spesialis rambut mengulas cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya kita mengetahui beberapa penyebab terjadinya kerontokan pada rambut agar proses dan hasilnya menjadi lebih maksimal.

1. Pengaruh hormon

Penyebab utama terjadinya kerontokan pada rambut ialah karena perubahan hormon, dan hormon yang biasa memicu terjadinya rambut rontok adalah hormon DTH, hormon ini diproduksi sebagai akibat dari tingginya kadar hormon progesteron, estrogen, atau testosteron di dalam tubuh sehingga muncullah hormon DTH yang akan membuat sel folikel rambut menyusut sehingga sangat mudah mengalami rontok.

2. Malnutrisi

Selain pengaruh hormon, faktor kedua ialah di sebabkan oleh kurangnya asupan gizi di dalam tubuh atau secara medis disebut dengan malnutrisi yang dapat membuat rambut anda rapuh sehingga mudah rontok. Demikian iti bukanlah tanpa alasan? Pasalnya sel-sel folikel rambut dan juga kulit kepala memerlukan suplai nutrisi yang cukup agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

Sebab jika tubuh tidak memiliki cukup gizi, tentunya akan berdampak pada sel kulit dan folikel rambut kekurangan asupan nutrisi sehingga menjadikan rambut mudah mengalami masalah kerontokan, bercabang dll.

3. Akibat bahan kimia atau semir

Bagi yang sering mewarnai rambut ataupun melakukan perawatan disalon (smoothing) akan membuat rambut mengalami kerontokan lebih besar, pasalnya rambut yang terlalu sering terkena bahan kimia memerlukan asupan nutrisi lebih banyak dari yang di berikan oleh tubuh, sehingga harus dibantu dengan nutrisi tambahan dari luar seperti vitamin rambut.

4. Akibat obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menimbulkan efek samping yang membuat rambut lebih mudah mengalami kerontokan. Umumnya, obat yang dapat membuat rambut lebih mudah rontok ialah antara lain obat yang digunakan untuk mengobati arthritis, tekanan darah tinggi, gangguan fungsi jantung dan setelah operasi.

Note: efek yang ditimbulkan dari obat tersebut bersifat sementara, karena setelah anda berhenti mengkonsumsi obat tersebut, maka kerontokan akan menjadi lebih sedikit (normal).

5. Faktor genetik

Faktor ini tidak dapat terelakkan, apabila keluarga atau orang tua anda memiliki riwayat kebotakan maka bisa jadi kamu salah satu yang berkemungkinan mendapatkan hal yang sama.

Mitosnya, anak laki-laki lebih rentan mengalami penurunan genetik dibandingkan dengan anak perempuan.

6. Stress

Kanapa stress masuk dalam daftar penyebab kerontokan? Bukan tanpa alasan hampir semua jenis penyakit dapat muncul diakibatkan oleh beban fikiran, bahkan dalam sebuah penelitian stress akut dapat memperparah kondisi suatu penyakit.

7. Pertambahan usia

Sama hal nya dengan faktor genetik, kerontokan pada rambut yang disebabkan oleh pertambahan usia tidak dapat dihindari, namun dapat dicegah atau di perkecil frekuensinya melalui perawatan rambut menggunakan bahan alami, atau dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein, zat besi, zinc, dan vitamin.

8. Berjilbab

Menggunakan jilbab menjadi suatu keharusan bagi setiap wanita muslim. Akan tetapi, hal itu dapat memicu munculnya masalah pada rambut yakni rambut rontok, dan ketombe. Pasalnya ketika anda berjilbab rambut kepala membutuhkan kelembaban extra karena suhu dalam jilbab tidak terealiasasi dengan baik.

Fakta mengenai rambut rontok

Setelah mengetahui penyebab mengapa rambut rontok bisa terjadi, kamu diharuskan untuk mengetahui beberapa fakta agar persepsi keliru mengenai rambut rontok tak membingungkan Anda lagi. Berikut merupakan fakta-fakta mengenai rambut rontok yang perlu diketahui:

  1. Kerontokan rambut yang disebabkan faktor genetik tidak hanya di alami oleh laki-laki, melainkan wanita juga bisa mengalami rambut rontok karena yang disebabkan genetik. Namun, kerontokan yang terjadi pada rambut laki-laki akan lebih cepat terlihat dampaknya jika dibandingkan dengan wanita.
  2. Wanita akan mengalami kerontokan rambut lebih banyak dari pada biasanya ketika masa-masa kehamilan dan juga masa-masa menopause. Hal ini dikarenakan ketika wanita dalam keadaan hamil atau menopause, hormon mereka berada dalam keadaan tidak seimbang. Akibatnya, rambut menjadi lebih tipis dan mudah rontok.
  3. Stress sangat mempengaruhi banyak atau tidaknya rambut yang rontok. Ketika rambut yang rontok terlalu banyak, maka bisa saja itu menjadi pertanda bahwa kamu terlalu stress.
  4. Jarang mencuci rambut menggunakan shampoo juga merupakan salah satu alasan yang dapat membuat rambutmu menjadi mudah rontok. Ketika kamu mencuci rambut dengan shampoo, maka segala minyak yang mengandung hormon penyebab kerontokan rambut dapat segera disingkirkan dari kulit kepala. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu mencuci rambutmu paling tidak 2 hari sekali.
  5. Sinar matahari dapat membantu untuk memperkuat sel folikel rambutmu. Hal ini dikarenakan sinar matahri kaya akan kandungan Vitamin D. Vitamin D yang diserap oleh kulit kepala akan sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala, sehingga rambut pun akan semakin kuat dan tidak mudah rontok.
  6. Mewarnai rambut ataupun terlalu banyak menggunakan hair dryer ternyata juga akan membuat rambutmu menjadi mudah rontok. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tidak melakukan eksperimen yang bersifat coba-coba terhadap rambutmu.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab rambut rontok bisa disebabkan oleh malnutrisi atau kekurangan asupan gizi, untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan memperhatikan pola makan yang sehat, pasalnya dengan memperbanyak konsumsi makan sehat seperti sayuran dan buah segar, akan berdampak pada tercakupinya kebutuhan nutrisi pada rambut sehingga kesehatan dan kecantikan rambut tetap terjaga.

Tahukah kamu, kira-kira jenis makanan apa yang akan bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok? Bagi kamu yang penasaran, berikut penjelasannya.

1. Kacang-Kacangan

Kandungan asam lemak omaga-3 yang sangat tinggi bermanfaat untuk memperkuat rambut, sehingga dapat mengurangi terjadinya kerontokan.

Demikian itu telah dibuktikan pada sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology, menyatakan bahwa 90% wanita yang rutin konsumsi makanan kaya akan kandungan omega-3 selama 6 bulan mengalami penurunan dalam hal kerontokan rambut.

2. Kerang

Kerang merupakan makanan yang memiliki kandungan zinc paling tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya. Karena kandungan tersebut menjadikan kerang memiliki kemampuan dalam menguatkan akar atau folikel rambut sehingga dapat mencegah terjadinya kerontokan.

Demikian itu telah di buktikan pada 2x studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, menyatakan, apabila seseorang kekurangan zinc dalam tubuh akan mengalami kerontokan rambut lebih banyak dibandingkan dengan seseorang yang kadar zinc tercukupi.

Jadi, sangat penting bagi kamu yang mengalami masalah kerontokan rambut untuk memenuhi kebutuhan zinc dalam tubuh, dengan konsumsi kerang merupakan pilihan terbaik.

3. Susu

Susu merupakan minuman yang memiliki kandungan protein yang paling tinggi dibandingkan jenis minuman lainnya. Selain dapat memperkuat dan menyehatkan tulang, susu juga berperan sebagai penguat folikel rambut, hal itu dikarenakan protein merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan rambut, karena pada dasarnya rambut tersusun oleh protein.

Cukup dengan konsumsi susu 3x dalam sehari, secara otomatis akan mencegah terjadinya kerontokan. Selain itu, protein juga memiliki peranan penting untuk memproduksi keratin, yaitu sebuah komponen penting yang berguna memperkuat struktur rambut.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam kemak omega-3 dan protein tinggi yang menjadikan ikan tersebut sangat bermanfaat untuk memperkuat akar atau folikel rambut, sehingga anda akan terhindar dari masalah kerontokan rambut kepala.

Keuntungan dari mengkonsumsi ikan salmon, ialah tidak menyebabkan obesitas meski dikonsumsi lebih dari kebutuhan tubuh, hal itu dikarenakan ikan ini memiliki kalori yang tinggi.

5. Daging Merah

Daging merah mengandung protein yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperkuat rambut sekaligus mencegah terjadinya kerontokan, disamping itu daging merah di lengkapi dengan kandungan zat besi yang berperan sebagai pengangkut oksigen dan nutrisi serta melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga menjadikan rambut dan kulit kepala anda lebih sehat.

6. Telur

Telur memiliki kandungan hampir sama dengan daging, pada bagian putih telur merupakan sumber protein paling tinggi diantara semua jenis makanan yang akan membuat rambut terhindar dari masalah kerontokan.

Sedangkan…

Pada bagian kuning telur terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga akan memperlancar sirkulasi darah di area kulit kepala, sekaligus mempercepat perbaikan rambut rusak dan mengkuatkan nya.

7. Buah-Buahan

Siapa sih yang masih meragukan manfaat dari buah-buahan? buah merupakan sumber segala nutrisi, dan mineral alami yang dapat memenuhi kebutuhan folikel rambut ataupun kulit kepala, sehingga rambut akan semakin kuat dan tumbuh dengan sehat.

Untuk itu kamu di anjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan lebih banyak dari waktu-waktu sebelumnya.

8. Sayur-Sayuran

Tidak hanya buah-buahan saja, ternyata segala jenis sayuran hijau dapat menjadikan rambut mu lebih kuat. Demikian itu bukan tanpa alasan! Pasalnya didalam sayuran terdapat berbagai macam mineral yang dapat memperkuat rambut, sehingga rambut anda tidak lagi mudah rontok.

Cara mengurangi rambut rontok berlebihan secara alami dan cepat

Yupz,,, selain dapat di atasi dengan mengkonsumsi makanan sehat, sebaiknya Anda juga menerapkan alternatif alami dengan menjadikan bahan alami sebagai masker untuk menutrisi rambut, guna mempercepat proses perbaikan rambut rusak dan kering yang menjadi faktor utama menyebabkan kerontokan pada rambut.

Alternatif tradisional dengan bahan alami sangat direkomendasikan untuk anda lakukan, pasalnya selain mudah ditemukan & dibuat, menggunakan bahan alami akan membuat anda terhindar dari efek samping apapun yang dapat merugikan, bahkan aman diterapkan pada anak – anak. Tahukah kamu, bahan herbal apa saja yang memiliki manfaat luar biasa untuk mengatasi rambut rontok? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki kandungan senyawa-senyawa, mineral dan nutrisi penting yang berguna mengatasi rambut rontok, dan sifat eksfoliate akan membantu membersihkan kotoran dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit kepala yang disebabkan oleh sel kulit mati. Setelah rambut dan kulit kepala bersih, maka nutrisi lain yang ada didalam lidah buaya akan lebih mudah diserap oleh rambut ataupun kulit kepala sehingga rambut akan sehat dan tumbuhan dengan baik.

Caranya:

  • Siapkan lidah buaya, madu dan wadah kecil.
  • Kupas lidah buaya, ambil gel-nya saja dan halus menggunakan blander, jangan lupa tambahkan 1 atau 2 sdm madu hingga tercampur merata.
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala, disertai pijatan lembut selama 5-10 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

Note: Akan lebih baik jika anda menggunakan cara ini pada malam hari, dan biarkan hingga esok hari lalu bersihkan.

2. Fenugreek

Fenugreek merupakan salah satu jenis tumbuhan biji-bijian, biji dari fenugreek memiliki kandungan protein dan asam nikotinik yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Sedangkan, hormon antecedents pada biji fenugreek berperan menjaga kesehatan sel folikel rambut, sehingga rambut akan tetap sehat, kuat dan tidak mudah mengalami kerontokan.

Caranya:

  • Siapkan biji fenugreek semangkok.
  • Rendam biji tersebut pada air pada malam hari dan biarkan hingga keesokan harinya.
  • Setelah itu haluskan biji fenugreek hingga sangat lembut seperti cream.
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala, disertai pijatan lembut selama 5-10 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

3. Bawang merah

Selama ini bawang merah hanya di kenal sebagai bumbu masak. Namun siapa sangka, tenyata bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan pada rambut, demikian itu bukanlah tanpa alasan!

Kandungan sulfur yang tinggi berfungsi untuk memperkuat dan memicu pertumbuhan serta regenerasi sel folikel rambut, sehingga akan membuat rambutmu sehat dan lebih cepat panjang. Tak hanya itu, bawang merah juga di lengkapi dengan senyawa anti-bakteri yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Caranya:

  • Siapkan beberapa siung bawang merah, madu dan wadah kecil.
  • Haluskan bawang merah bersama dengan madu hingga halus seperti cream.
  • Kemudian taruh pada wadah.
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala, disertai pijatan lembut selama 5-10 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

4. Indian gooseberry

Buah Indian Gooseberry atau amla memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, karena salah satu penyebab terjadinya rambut rontok yaitu kekurangan Vitamin C, membuat buah ini memiliki peran yang cukup penting.

Selain itu, di dalam buah amla juga terdapat sifat anti-bakteri yang berguna untuk membunuh bakteri, antioksidan dan anti-inflammasi berperan dalan menguatkan rambut, dan memperlancar peredaran darah dan oksigen dalam kulit, sedangkan kandungan eksfoliate membantu membersihkan kotoran yang menempel pada kulit kepala sehingga pori-pori akan terbuka, alhasil anda akan mendapatkan rambut sehat, tebal, kuat dan lebih cepat panjang.

Caranya:

  • Oleskan sari dari daun amla pada rambut dengan disertai pijatan lembut selama 5 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

Note: Akan lebih baik jika anda menggunakan cara ini pada malam hari, dan biarkan hingga esok hari lalu bersihkan.

5. Teh hijau

Siapa yang menduga, ternyata teh hijau juga dapat mengatasi masalah rambut rontok, loh! Demikian itu bukanlah tanpa alasan, kandungan antioksidan yang tinggi seperti catechin di dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Sedangkan anti-bakteri berperan sebagai pembasmi bakteri penyebab infeksi dan rambut rontok.

Caranya:

  • Seduh teh hijau, seperti halnya kamu membuat teh.
  • Setelah itu, biarkan hingga dingin atau sedikit hangat.
  • Kemudian siramkan teh tersebut oada rambut kepala anda, disertai pijatan lembut selama 5 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa telah di kenal sejak lama memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah rambut terutama rambut rontok. Minyak kelapa mengandung asam lauric yang berperan sebagai pembasmi segala jenis bakteri penyebab infeksi pada sel folikel rambut. Tak hanya itu, penggunaan minyak kelapa akan memberikan & menjaga kelembaban rambut, sehingga rambut akan menjadi elastis, bersinar, kuat dan tidak mudah rontok.

Caranya:

  • Oleskan minyak kelapa pada rambut dengan disertai pijatan lembut selama 5 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

7. Minyak lavender

Sama halnya dengan teh hijau, minyak lavender mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain antioksidan, didalam minyak lavender juga terdapat kandungan antiseptik yang berfungsi membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme (bakteri atau kuman kecil) pada permukaan kulit, maka tak heran apabila minyak ini juga dapat mengatasi masalah ketombe.

Caranya:

  • Oleskan minyak lavender pada rambut dengan disertai pijatan lembut selama 5 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

8. Minyak zaitun

Ketika berbicara tentang minyak untuk rambut, tentunya minyak zaitun tak boleh terlewatkan. Mengapa demikian? Tinggi akan kandungan antioksidan pada minyak zaitun berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain antioksidan, di dalam minyak zaitun juga memiliki kandungan penting seperti Vitamin E dan asam lemak tak jenuh, berfungsi sebagai asupan nutrisi pada rambut yang menjadikan rambut kamu akan lebih sehat dan kuat.

Caranya:

  • Oleskan minyak zaitun pada rambut dengan disertai pijatan lembut selama 5 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

9. Santan

Selama ini santan hanya di kenal sebagai pelengkap & melezatkan suatu masakan. Namun, siapa sangka ternyata santan juga memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah rambut rontok, lho. Demikian itu bukanlah tanpa alasan! Pasalnya santan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tingggi, bahkan para ahli sepakat bahwa kandungan tersebut memiliki peranan dalam mencegah terjadinya rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Caranya:

  • Oleskan santan yang sudah dimasak pada rambut dengan disertai pijatan lembut selama 5 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

10. Bawang putih

Hampir sama dengan bawang merah.! Bawang putih juga memiliki kandungan anti-bakteri dan sulfur yang tinggi, kedua kandungan tersebut berguna dalam memperkuat sel folikel serta meningkatkan pertumbuhan rambut, sekaligus mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala.

Caranya:

  • Siapkan beberapa siung bawang putih, madu dan wadah kecil.
  • Haluskan bawang putih bersama dengan madu hingga halus seperti cream.
  • Kemudian taruh pada wadah.
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala, disertai pijatan lembut selama 5-10 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

Note: jika kamu tidak tahan dengan sakit yang ditimbulkan, segera bilas hingga bersih dan cukup lakukan 1x dalam sehari atau mencoba alternatif lain.

11. Madu

Ketika berbicara mengenai bahan alami, tak lengkap rasanya bila madu terlewatkan, betul tidak? Madu merupakan bahan herbal yang dihasilkan lebah dari nektar atau sari bunga, ramuan alami ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan tubuh, terutama ialah untuk mengatasi rambut rontok. Demikian itu bukan tanpa alasan! Pasalnya madu tersusun dari 3 unsur yaitu glukosa, fruktosa dan sedikit air. serta dilengkapi dengan beberapa nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral, termasuk niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium, potassium, zinc dan anti-bakteri.

Bahkan pada sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, menyebutkan bahwa pasien yang menderita gatal-gatal pada kulit kapal dan kerontokan mengalami penurunan setelah menggunakan madu dalam pengobatannya.

Caranya:

  • Siapkan 1 sdt madu dan 1sdt susu, campur kedua bahan tersebut, aduk hingga merata.
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala, disertai pijatan lembut selama 5-10 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

12. Daun Neem

Selanjutnya ialah menggunakan daun neem, tahukah kamu mengapa demikian? Daun neem memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur yang bekerja untuk membasmi segala jenis bakteri dan jamur penyebab ketombe serta meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga mencegah terjadinya kerontokan.

Caranya:

  • Siapkan beberapa lembar dau neem, madu dan wadah kecil.
  • Haluskan daun neem ditambah dengan 1sdm madu.
  • Kemudian taruh pada wadah.
  • Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala, disertai pijatan lembut selama 5-10 menit.
  • Biarkan beberapa saat, atau sekitar 30-45 menit, dan bilas hingga bersih dengan air biasa.
  • Lakukan cara diatas 2x dalam sehari, selama seminggu penuh, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

Bagaimana? ke 12 cara di atas sangat mudah diterapkan bukan.

Ccara mengobati rambut rontok secara medis dengan cepat

Selain menggunakan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok, kamu juga bisa mengatasinya dengan menempuh pengobatan secara medis, yang tentunya akan memberikan hasil lebih cepat dibandingkan menggunakan bahan alami.

Namun perlu diingat, apabila anda menggunakan cara ini, sangat disarankan untuk mengikuti aturan penggunaan sesuai dosis jika ingin terhindar dari efek sampingnya. Tahukah kamu apa sajakah obat yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok? Berikut ulasannya!

1. Finasteride
2. Minoxidil
3. Kaminomoto Hair Grow Accelerator
4. Al Katel Double Care
5. Minyak Urang Aring

Jadi bagaimana? Setelah membaca tulisan di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan bahan alami sebagai alternatif mengatasi rambut rontok? Atau Anda memiliki alternatif lain yang lebih aman? Jika ada, mohon tambahkan cara tersebut di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar