Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Kemiri

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling menyebalkan bagi semua orang, khususnya wanita yang memiliki rambut panjang. Sebagaimana yang kita tahu, ketombe adalah suatu kondisi dimana terjadinya pengelupasan sel-sel kulit mati yang ada di kulit kepala kita, dan itu akan menjadi serpihan putih kecil yang terlihat sangat tidak menarik, dan memperburuk tampilan rambut.

Dan apabila ketomobe ini dibiarkan begitu saja, maka akan membuat rambut kita kotor dan gatal, yang tentunya menganggu kenyamanan dan penampilan Anda sehari-hari. Ada banyak cara untuk menghilangkan ketombe baik dengan cara alami maupun dengan bahan kimia. Nah, jika Anda ingin mencoba dengan cara alami, ada satu bahan alami yang terbukti ampuh menghilangkan ketombe. Yaitu dengan menggunakan minyak kemiri.

Minyak kemiri ini adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak biji kemiri yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Sejak zaman dahulu minyak kemiri ini sudah dikenal memiliki banyak khasiat untuk rambut seperti menyuburkan rambut, penumbuh rambut, melebatkan rambut, dan dapat juga digunakan sebagai bahan pembuatan shampoo dan sabun. Selain itu, minyak kemiri juga memiliki sifat anti mikroba yang tentunya mampu untuk menghambat pertumbuhan jamur yang salah satunya adalah jamur yang dapat memicu pertumbuhan ketombe. Yang artinya, minyak kemiri ini cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kemiri:

  1. Pastinya terlebih dulu Anda harus sudah menyiapkan biji kemiri yang sudah Anda bersihkan, lalu siapkan alat blender untuk menghaluskan biji kemiri tersebut sebelum digunakan.
  2. Siapkan air bersih ke dalam sebuah wadah.
  3. Haluskan biji kemiri dengan air secukupnya ke dalam sebuah blender.
  4. Tunggu sampai halus.
  5. Setelah halus masukkan ke dalam wadah, dan diamkan 1-2 jam. Atau Anda bisa merebus biji kemiri dengan air yang sudah dihaluskan tadi dengan api sedang, lalu biarkan airnya menguap, hingga tersisa minyaknya saja.
  6. Diamkan hingga sudah cukup dingin, atau Anda bisa menggunakannya keesokan harinya.
  7. Sebelum mengaplikasikan minyak kemiri ke dalam rambut Anda, basahi rambut Anda terlebih dahulu.
  8. Aplikasikan minyak kemiri ke dalam rambut Anda secara merata dan usahkan hingga meresap ke dalam kulit kepala Anda.
  9. Diamkan 30 menit, lalu bilas hingga bersih.
  10. Anda juga bisa membilasnya dengan shampoo agar rambut Anda lebih bersih dan bau dari minyak kemiri bisa hilang.

Itulah diatas tahapan dalam membuat minyak kemiri untuk dijadikan obat penghilang ketombe. Mungkin bagi sebagian orang, cara diatas cukup merepotkan, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui, mulai dari proses pembuatan minyaknya, sampai penggunaannya pada rambut.

Namun, pastinya hasil tidak membohongi usaha atau proses yang dilakukan. Meskipun sedikit ribet, namun cara ini terbilang ampuh, dan pastinya sangat aman tanpa efek samping yang ditimbulkan. Dan pastinya sangat murah meriah, karena kemiri adalah bumbu dapur yang mudah didapat serta harganya sangat murah.

Sebenarnya jika tidak mau repot, saat ini sudah banyak tersebar baik di toko serba ada, apotek maupun toko herbal, yang menjual beragam minyak kemiri siap pakai yang seringkali diperjualbelikan dalam bentuk kemasan (dibungkus botol). Tetapi tentu harganya lebih mahal dibandingkan dengan membuat sendiri.

Namun, terkait keampuhannya tetap yang paling bagus adalah minyak kemiri hasil olahan sendiri. Jika beli yang sudah jadi, tentunya sudah ada bahan-bahan pencampur lainnya, yang tidak kita ketahui efeknya pada rambut.

Kapan saat yang tepat mengaplikasikan cara ini?

Menggunakan minyak kemiri untuk menghilangkan ketombe di rambut Anda bisa Anda gunakan saat Anda mandi seperti cara di atas. Namun, bukan pada saat akan mandi saja, Anda juga bisa menggunakannya pada saat sebelum tidur.

Anda hanya perlu mengoleskannya begitu saja di rambut Anda secara merata sampai akhirnya meresap hingga kulit kepala. Lalu biarkan minyak kemiri tersebut tanpa perlu dibersihkan selama semalaman.

Menggunakan berbagai cara alami untuk menghilangkan ketombe memang pilihan yang tepat, dibandingkan penggunaan produk-produk berbahan kimia. Dan perlu diketahui, ada banyak bahan alami lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe, selain kemiri.

Diantaranya, lidah buaya, cuka, madu, dan lain sebagainya. Dan, seperti penggunaan obat-obatan alami lainnya, hasilnya tidak bisa instan. Perlu kesabaran dan ketelatenan dalam prosesnya. Harus dilakukan pera.watan secara rutin dan teratur, hingga mendapatkan hasilnya.

Jadi, tanpa harus beli produk berbahan kimia, kita bisa mengusir ketombe dengan ampuh. Dan tentunya bukan hanya permasalahan mengenai ketobe, namun juga permasalahan lain terkait dengan rambut. Seperti meminimalisir ketombe, merawat rambut rontoh, dan lain sebagainya. Nah, cukup banyak bukan, manfaat dari minyak kemiri ini. Selamat mecoba dan semoga sukses dalam mengusir ketombe yang membandel.

Tinggalkan komentar