Cara Mewarnai Rambut Sendiri Agar Rata Tanpa Bleaching

Bermain dengan warna rambut, bisa mempengaruhi penampilanmu loh, bisa membuat tampilan warna kulit warna kulit terlihat cerah, menutupi uban, bahkan bisa memberikan efek ilusi wajah yang lebih kecil dengan highlight. Untuk menghemat budget ke salon, kamu bisa melakukan pewarnaan rambut secara mandiri di rumah.

Tapi mewarnai rambut sendiri di rumah juga tidak bisa sembarangan. Jika ada yang salah dalam proses pewarnaannya, bisa saja hasilnya justru terlihat jelek. Nah, supaya pewarnaan rambut yang kamu lakukan tidak gagal, berikut kami bagikan beberapa trik yang bisa kamu terapkan. Penasaran?

Tips mewarnai rambut yang tepat dilakukan sendiri agar rata tanpa atau dengan bleaching

1. Pertimbangkan keadaan rambut

Pertimbangkan kondisi rambut kamu sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, seperti kondisi rambut yang bercabang dan mudah rontok. Ketika rambut kamu dalam keadaan tersebut sebaiknya jangan melakukan pewarnaan rambut terlebih dahulu, karena mengindikasikan bahwa keadaan rambut kamu sedang tidak baik.

Untuk memulihkan keadaan rambut kamu yang tengah rusak, kamu baiknya melakukan perawataan terlebih dahulu untuk mengembalikkan rambut ke keadaan normal.

2. Pilih produk pewarna rambut yang aman

Tidak selalu produk pewarna rambut yang dijual di pasaran itu aman dan tahan lama. Kamu harus selektif ketika membeli produk, karena ada produk yang membuat rambut malah menjadi rusak. Pilihlah produk pewarna rambut yang dengan kandungan bahan alam seperti produk dari etude hot style. Produk ini terbuat dari ekstrak bunga alami sehingga tidak merusak rambut. Produk lain yang aman serta mudah didapat adalah garnier color naturals. Merk ini mengandung olive oil yang membuat rambut terlihat lebih alami.

3. Cuci rambut kamu sehari sebelum melakukan pewarnaan rambut

Hal ini dimaksud, agar cat rambut nantinya lebih mudah menyatu dengan warna rambut asli. Mencuci rambut sehari sebelum pewarnaan juga bisa membuat pewarna rambut bertahan lebih lama.

4. Siapkan perlengkapan

Pertama, kamu harus menyiapkan yang kamu butuhkan untuk mewarnai rambut, seperti pewarna rambut, jepit rambut, kuas, sarung tangan plastik, handuk dan shower cap.

5. Pilih warna yang pas

Kamu harus selektif dalam memilih warna, jangan memilih warna rambut yang kontras degan warna rambut aslimu, karena tidak akan cocok di kulitmu. Pilihlah warna rambut yang dua sampai tiga tingkat lebih terang atau gelap dibanding warna rambut aslimu.

6. Lakukan tes pada kulit

Hal ini dilakukan untuk menguji apakah kamu punya alergi terhadap produk pewarnaan rambut atau tidak. Jika kulit kamu merasakan panas dan menunjukkan reaksi kemerahan, sebaiknya hentikan proses pewarnaan rambut. Jika tidak ada reaksi, kamu bisa melanjutkan melakukan test rambut.

7. Lakukan test rambut sebelum perawatan

Pastikan sebelum memulai mewarnai rambut, kamu terlebih dahulu melakukan test pewarnaan rambut. Caranya, bagian rambut yang berada diatas kuping, kamu warnai sedikit. Hal ini dimaksud supaya kamu bisa melihat hasil pewarnaanya jika disandingkan dengan warna kulitmu. Kemudian, bilas menggunakan handuk basah setelah didiamkan selama setengah waktu yang disarankan pada kemasan box pewarna rambut (misal 15 menit jika waktu yang disarankan 30 menit). Keringkan dengan handuk kering , kemudian cek warna diatas handuk putih dan sandingkan disamping wajah kamu. Kalau kamu merasa cocok dengan warnanya, kamu bisa melanjutkan pewarnaan rambut.

8. Pastikan rambut kamu kering

Sebelum kamu memulai untuk mewarnai rambut, pastikan terlebih dulu rambut kamu dalam kondisi kering dan sudah disisir rapi. Rambut dengan kondisi berminyak dan masih basah akan membuat penyerapan cat rambut tidak merata.

9. Lindungi bagian telinga dan leher

Ini juga tak kalah penting, sebaiknya oleskan terlebih dahulu vaselin atau lipbalm pada bagian leher serta telinga selama proses pewarnaan rambut. Hal ini dilakukan supaya nanti, area tersebut mudah dibersihkan bila terkena pewarna rambut.

10. Lidungi baju dan lingkungan sekitar kamu

Ketika proses mewarnai rambut, cat rambut pasti akan menyebar kemana-mana. Kamu bisa menggunakan kaos yang tidak terpakai untuk melidungi badan kamu dari pewarna rambut yang tercecer. Lidungi juga tempat yang menurut kamu akan terkena cipratan dengan plastik atau kain bekas.

11. Encerkan pewarna rambut sesuai intruksi

Encerkan warna rambut sesuai intruksi yang tertera di kemasan. Pastikan tercampur dengan rata supaya hasilnya maksimal. Mulai warnai rambt dari bagian belakang

12. Mulai pewarnaan rambut

Jika cat rambut sudah siap digunakan, kamu bisa memulai mewarnai rambut dari bagian belakang terlebih dulu menggunakan kuas. Gunakan jepit rambut untuk membagi rambut kedalam beberapa bagian. Ini perlu dilakukan supaya distribusi pewarna rambut merata keseluruh bagian rambut. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan. Kemudian, diamkan selama kurang lebih dua puluh lima menit. Gunakan shower cap ketika masa pendiaman ini.

13. Keramas dengan sampo dan bilas hingga bersih

Ketika kamu telah selesai mewarnai rambut, cucilah rambutmu dengan menggunakan shampo. Setelah kering, lihat hasilnya.

Itu dia beberapa tahapan atau cara mewarnai rambut yang benar supaya hasilnya bisa maksimal. Selamat mewarnai rambut di rumah ya, semoga hasilnya memuaskan.

Artikel lain, dalam topik kecantikan rambut yang lebih lengkap:

Tinggalkan komentar