Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Bukan rahasia lagi bila minyak kemiri banyak di gunakan untuk alternatif perawatan kesehatan rambut. Jadi tak heran bila orangtua zaman dulu sering mengoleskan minyak kemiri ke rambut anaknya, dengan harapan rambut anak menjadi hitam dan tebal.

Proses terbentuknya minyak kemiri

Sebagaimana yang kita tahu, biji kemiri adalah bagian kemiri telah diketahui banyak sekali manfaatnya. Biji kemiri ini mengandung minyak lebih dari 60%. Pengolahan biji kemiri umumnya dilakukan untuk menghasilkan minyak kemiri. Di perkirakan, untuk berat 80 kilogram kemiri, dapat diperoleh 16 kilogram minyak kemiri nantinya.

Kandungan minyak kemiri

Minyak kemiri mengandung zat asam yang disebut asam oleostearat. Asam tersebut merupakan asam lemak jenuh yang penggunaannya cukup populer untuk produk-produk kosmetik dan kecantikan.

Namun selain itu, kandungan dalam minyak kemiri masih banyak lagi. Beberapa kandungan lain yang juga mendatangkan manfaat untuk manusia adalah asam linoleat, vitamin B1, asam minyak, asam stearat, palmitat, protein, miristat, zat lemak dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan yang terdapat pada minyak kemiri tersebut dapat memberikan banyak manfaat, khususnya pada bagian rambut.

Jika ditelaah lebih mendetail, manfaat minyak kemiri untuk rambut sangatlah banyak. Minyak yang dihasilkan dari pengolahan terhadap biji kemiri ini diketahui mampu menyelesaikan berbagai masalah pada rambut dan kulit rambut seseorang.

Ragam manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut

1. Meringakan kebotakan rambut

Salah satu ketakutan terbesar ketika seseorang telah memasuki usia lanjut usia adalah kebotakan rambut. Rambut yang mulai menua biasanya akan rapuh sehingga akan patah dari akar atau dari tengah. Kalau kerontokan ini terus terjadi, maka kebotakan bisa terjadi.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut salah satunya yakni untuk mengurangi kebotakan, kamu dapat mengaplikasikan minyak kemiri ke rambut kepala kamu dengan mengoleskanya. Dengan perawatan yang rutin, akar rambut akan kembali terpupuk dan memicu pertumbuhan rambut baru.

2. Mencegah ketombe

Ketombe yang sering muncul di kulit kepala bisa terjadi karena dua hal. Pertama, kelembapan rambut yang sangat tinggi dan kedua adalah tidak sehatnya akar dan kulit rambut. Kelembapan rambut yang sangat tinggi akan memunculkan keringat dan akhirnya memicu bakteri berkembang cepat. Kulit rambut kemudian mulai terjangkiti ketombe yang menimbulkan sensasi gatal. Penyebab tidak sehatnya akar dan rambut yakni karena minim nutrisi.

Kulit kepala jadi mudah rusak dan akhirnya memicu munculnya ketombe, untuk mencegah masalah ketombe yang terjadi karena faktor diatas. Kita bisa memanfaatkan minyak kemiri untuk rambut, sebagai tambahan nutrisi. Rambut dan kulit kepala bisa secara rutin diolesi dengan minyak kemiri ini untuk mengingkatkan kesehatan rambut dan menghilangkan serta mencegah berkembangnya ketombe.

3. Menebalkan rambut

Jika kamu mempunyai masalah kerontokan, rambut tipis, manfaat minyak kemiri untuk rambut juga mampu menamba ketebalan rambut. Rambut anda yang sudah sehat juga mampu dibuat lebih sehat dengan menghasilkan ketebalan rambut yang meningkat, menajamkan warna rambut alami kamu, dan lebih berkilau jika dilihat dari jauh. Minyak kemiri ini cocok untuk semua warna rambut..

Minyak kemiri mempunyai kandungan dasar antara lain yakni asam palmitik (6,5%), asam linoleat (44.2%), asam strearat (2,4%), asam linolenat (26.4%) dan asam oleat (20.7%). Yang perlu kamu lakukan adalah menemukan produk semurni mungkit untuk mengasilkan manfaat yang maksimal.

Minyak kemiri mampu menajamkan dan mencerahkan warna rambut dengan satu persyaratan, fungsi minyak kemiri akan berimplikasi secara maksimal jika semakin tinggi kadar kemurnianya

Untuk memperoleh minyak kemiri, kamu bisa dengan mudah membelinya di toko-toko kecantikan ataupun apotek. Kamu juga bisa membelinya secara online. Kamu juga bisa membuatnya sendiri untuk menghasilkan minyak kemiri yang lebih alami dengan membakarnya. Membuat sendiri minyak kemiri juga bertujuan untuk menghasilkan produk semunrni mungkin sehingga diperoleh manfaat yang maksimal.

Berikut ini cara pembuatan minyak kemiri dengan pembakaran sendiri di rumah dengan mudah.

  • Pertama, kamu perlu menyiapkan biji kemiri secukupnya. Jika kamu ingin membuat minyak kemiri dalam jumlah yang banyak, siapkan pula lebih banyak biji kemiri.
  • Selanjutnya, kamu harus melakukan pembakara pada biji kemiri tersebut. Pembakaran dapat dilakukan langsung dengan bara api atau dengan menggunakan bantuan wadah seperti wajan untuk membakarnya.
  • Bakarlah biji kemiri tersebut hingga gosong dan menghitam.
  • Setelah dilakukan pembakaran biji kemiri hingga gosong, masukkan biji kemiri tersebut ke dalam blender.
  • Kemudian blender biji kemiri bakar tersebut sampai mengeluarkan minyak.
  • Setelahnya lakukanlah penyaringan atau kamu bisa langsung mengoleskannya pada rambut kamu.

Bagaimana menurut kamu, sangat mudah bukan pembuatan minyak kemiri sendiri di rumah? Dan pastinya, seperti yang kami sampaikan diatas, manfaat minyak kemiri untuk rambut sangat banyak bukan?

Nah itulah ulasan singkat kami terkait manfaat minyak kemiri untuk rambut, dan hal-hal terkait lainnya. Semoga bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat.

Artikel lain, dalam topik kecantikan rambut yang lebih lengkap:

Tinggalkan komentar